Sabtu, 29 Juni 2013

RPP kelas X semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA NEGERI 7 KEDIRI
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X/1
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi
11.                Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
12.                Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
11.2            Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
12.2            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item
Sub Kompetesi Dasar
11.2            Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk descriptive
12.2            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive

  I.            Indikator
1.        Memahami arti dari kata yang terdapat dalam teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
2.        Mengidentifikasi generic structure dari teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
3.        Mengidentifikasi ide pokok dalam teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
4.        Mengurutkan teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
5.        Melengkapi teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
6.        Membuat teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar

II.            Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat memahami arti dari kata yang terdapat dalam teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
2.        Mengidentifikasi generic structure dan ide pokok dari teks monolog berbentuk deskriptif dengan benar
3.        Siswa dapat mengurutkan, melengkapi dan membuat teks fungsional pendek berbentuk iklan dengan benar dan tepat

III.            Materi Pembelajaran
Penjelasan sekilas tentang Teks Monolog berbentuk Deskriptif dengan tema Taj Mahal
Deskriptive Text
Teks deskriptif ( descriptive text ) adalah teks yang mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri atau sifat benda, hewan, tumbuh-tumbuhan,  manusia atau peristiwa tertentu yang khusus, misalnya seekor jerapah yang hidup di kebun binatang Ragunan, bunga melati di halaman rumahku, atau Dodi temanku yang paling gemuk.
 

   




Descriptive text memiliki kerangka atau struktur  ( generic structure ) sebagai berikut.
1.  Identification: memperkenalkan benda,  hewan, tumbuhan, atau seseorang yang akan dideskripsikan.
2.  Description: menceritakan bagian per bagian dari objek yang kita deskripsikan
Tujuan (the purpose) descriptive text ialah memberikan informasi atau gambaran benda, hewan, tumbuhan, atau seseorang yang dideskripsikan secara khusus.
Kata kerja (tense) yang digunakan biasanya present simple tense. Akan tetapi bisa juga menggunakan past simple tense, jika benda yang dideskripsikan sudah tidak ada
Identification
     Borobudur is Hindu - Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.
Description
      Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by waalls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.
Borobudur
temple which is rededicated as an Indonesian monument in 1983 is a valuable treasure for Indonesian people.

    




 




















IV.            Metode Pembelajaran
EEC Learning
V.            Kegiatan Pembelajaran
Tahap

Kegiatan
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Alokasi waktu
A.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Pendahuluan


-          Salam
-          Do’a
-          Mengecek daftar hadir siswa
-          Membersihkan papan tulis
-          Mengecek kesiapan siswa
-          Memberikan apersepsi
-          Menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
-          Menjelaskan sistematika pelajaran
Pertama, siswa akan ditunjukan teks monolog berbentuk Descriptif
Kedua, siswa akan mengerjakan soal
Ketiga, siswa bersama guru akan mengecek jawaban
Keempat, siswa membuat teks monolog berbentuk Deskriptif
Kelima, siswa akan mendemonstrasikan hasil pekerjaan didepan kelas
Keenam, siswa akan megomentari hasil pekerjaan temannya.

5’
2.      Inti
·         Ekplorasi
-          Siswa diperkenalkan:
·        Jenis teks monolog berbentuk deskriptif
·        Tujuan teks monolog berbentuk deskriptif
·        Struktur  monolog berbentuk deskriptif
-          Guru memberikan leading question secara lisan
1.      What picture is it?
2.      Do you have garage in your house?
3.      Where do you usually sleep?
4.      Where do you usually have lunch?

·         Elaborasi
-          Siswa mengerjakan Task 1
-          Guru bersama-sama dengan siswa mengoreksi Task 1
-          Siswa mengerjakan Task 2
-          Guru bersama-sama dengan siswa mengoreksi Task 2
-          Siswa mengerjakan Task 3

·         Konfirmasi
-          Guru memilih beberapa hasil pekerjaan siswa pada Task 3 dan ditempel dipapan tulis, siswa lain mengomentari hasil pekerjaannya.
-          Rasa ingin tahu
-          Kerja keras
-          Bersahabat
-          Tanggung-jawab
5’








25




5
3.      Penutup 
-          Guru meninjau dan mengevaluasi pelajaran  hari ini.
-          Siswa diajak membuat kesimpulan tetang teks fungsional pendek berbentuk iklan
-          Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan dibahas dipertemuan selanjutnya.
-          Salam

5’
B.     Tugas Terstruktur
-          Siswa diberi tugas untuk membuat iklan dengan tema “pekerjaan” secara individu dan dikumpulkan minggu depan


C.     Tugas Tidak Terstruktur
-          Siswa diberi tugas untuk mencari iklan dan ditempel dimading kelas



VI.            Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber pembelajaran
Lampiran 1
Media Pembelajaran
-          LCD Proyektor
-          Gambar contoh-contoh iklan
-          Kertas folio
VII.            Penilaian
a.       Prosedur                  : Penilaian Proses dan Akhir
b.      Jenis Penilaian         :
-          Penilaian proses              : Unjuk Kerja
-          Penilaian akhir                : Tes Tulis
c.       Bentuk instrument   :
No
Aspek yg dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
Content Creativity




2
Language (grammar,vocabulary, structure)




3
Relevance





Jumlah





Keterangan Nilai:
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal : 4x3=12
Penentuan nilai: Nilai siswa =
                                                


Kediri,             2013
Mengetahui,
Pembimbing 1


Drs. SUGIANTO


Mahasiswa


HESTY RETNO SARI
NPM. 10.1.01.08.0115




0 komentar:

Posting Komentar